Kamis, 07 April 2016

Hadits Tarbawi: ANJURAN MENUNTUT ILMU



Hadits Pertama

A.    Hadits tentang Keutamaan Mencari Ilmu
وعن أبـي الدرداء رضي الله عنه قال, سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من سلك طريقا يبتغي فيه علما سهل الله طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها لطالب العلم رضا بما صنع وإن العالم ليستغفر له من فى السموات ومن فى الأرض حتى الحيتان فى الماء وفضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواكب وأن العلماء ورثة الأنبياء وأن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنـما ورثوا العلم فمن أخذه أخذ بحظ وافر (رواه أبو داود والترمذي)
      Dari Abu Ad-Darda’ ra. Berkata: saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Sesungguhnya para Malaikat meletakkan sayap-sayapnya bagi orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yang diperbuatnya. Dan bahwasanya penghuni langit dan bumi serta ikan yang ada dilautan itu senantiasa memintakan ampun kepada orang yang pandai. Keutamaan orang alim terhadap orang ‘abid bagaikan keutamaan bulan purnama terhadap bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Dan bahwasanya para nabi tidak akan mewariskan dinar dan dirham (kekayaan duniawi) tetapi para nabi mewariskan ilmu pengetahuan, maka barang siapa yang mununtut ilmu darinya, maka dia telah mengambil bagian yang sempurna. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

B.     Data Takhrij
أبوا دود: باب العلم : ١
حدثنا مسدد بن مسرهد حدثنا عبد الله بن داود سمعت عاصم بن رجاء بن حيوة يحدث عن داود بن جميل عن كثير اين قيس قال: كنت جالسا مع أبـي الدرداء فى مسجد دمشق فجاءه رجل فقال: يا أبا الدرداء إني جئتك من مدينة رسول الله صلى الله عليه وسلم لحديث بلغني أنك تحدثه عن  رسول الله صلى الله عليه وسلم ما جئت لحاجة, قال, سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من سلك طريقا يبتغي فيه علما سهل الله طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها لطالب العلم رضا بما صنع وإن العالم ليستغفر له من فى السموات ومن فى الأرض حتى الحيتان فى الماء وفضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواكب وأن العلماء ورثة الأنبياء وأن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنـما ورثوا العلم فمن أخذه أخذ بحظ وافر
بـخاري: باب العلم : ١٠
عن محمود بن خداش عن محمد بن يزيد الواسطى عن عاصم بن رجاء بن حيوة عن قيس ابن كثير عن أبـي الدرداء رضي الله عنه قال, سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من سلك طريقا يبتغي فيه علما سهل الله طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها لطالب العلم رضا بما صنع وإن العالم ليستغفر له من فى السموات ومن فى الأرض حتى الحيتان فى الماء وفضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواكب وأن العلماء ورثة الأنبياء وأن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنـما ورثوا العلم فمن أخذه أخذ بحظ وافر
ترمذي: باب العلم : ١٦
حدثنا محمود بن خداش البغدادي أخبرنا محمد بن يزيد الواسطي أخبرنا عاصم بن رجاء بن حيوة عن قيس ابن كثير قال: قدم رجل على أبي الدرداء وهو بدمشق فقال ما أقدمك يا أخي؟ قال حديث بلغني أنك تحدثه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم, قال: أما جئت لحاجة؟ قال لا. قال أما قدمت لتجارة؟ قال لا. قال ما جئت إلا فى طلب هذا الحديث. قال:فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من سلك طريقا يبتغي فيه علما سهل الله طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها لطالب العلم رضا بما صنع وإن العالم ليستغفر له من فى السموات ومن فى الأرض حتى الحيتان فى الماء وفضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواكب وأن العلماء ورثة الأنبياء وأن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنـما ورثوا العلم فمن أخذه أخذ بحظ وافر
 + باب القرأن: ١٠
حدثنا محمود بن غيلان حدثنا أبو أسامة حدثنا الأعمش عن أبي صالح عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من نفس عن أخيه كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كرب يوم القيامة ومن ستر مسلما ستره الله فى الدنيا والآخرة، ومن يسر على معسر يسر الله فى الدنيا والآخرة والله فى عون العبد ما كان العبد فى عون أخيه ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له طريقا إلى الجنة وما قعد قوم في مسجد يتلون كتاب الله ويتدارسونه بينهم إلا نزلت عليهم السكينة وغشيتهم الرحمة وحفتهم الملائكة ومن أبطأ به عمله لم يسرع به نسبه
إبن ماجه: باب المقدمة: ١٧
حدثنا نصر بن علي الجهدمي حدثنا عبد الله بن داود عن عاصم بن رجاء بن حيوة عن داود بن جميل عن كثير بن قيس قال: كنت جالسا عند أبى الدرداء فى مسجد دمشق. فأتاه رجل فقال: يا أبا الدرداء! أتيتك من المدينة، مدينة رسول الله صلى الله عليه وسلم لحديث بلغني أنك تحدث به عن النبي صلى الله عليه وسلم. قال: فما جاء بك تجارة؟ قال: لا. قال: ولا جاء بك غيره؟ قال: لا. قال: فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من سلك طريقا يبتغي فيه علما سهل الله طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها لطالب العلم رضا بما صنع وإن العالم ليستغفر له من فى السموات ومن فى الأرض حتى الحيتان فى الماء وفضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواكب وأن العلماء ورثة الأنبياء وأن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنـما ورثوا العلم فمن أخذه أخذ بحظ وافر
أحمد بن حنبل: جزء الثانى: ٢٥٢
حدثنا أبو معاوية حدثنا الأعمش وابن نمير، قال: أخبرنا الأعمش عن أبي صالح عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من نفس عن مؤمن كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كرب يوم القيامة ومن ستر مسلما ستره الله فى الدنيا والآخرة، ومن يسر على معسر يسر الله عليه فى الدنيا والآخرة والله فى عون العبد ما كان العبد فى عون أخيه ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له طريقا إلى الجنة وما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه بينهم إلا نزلت عليهم السكينة وغشيتهم الرحمة وحفتهم الملائكة وذ كرهم الله عز وجل فيمن عنده ومن أبطأ به عمله لم يسرع به نسبه
C.    Syarah kosakata
(من سلك)
Lafadz ini dikhususkan untuk menolak kesalahfahaman bahwa segala makhluk yang ada di bumi tidak akan mampu meliputi makhluk Allah yang ada di dasar laut.
(وفضل العالم)
Orang yang berilmu adalah mereka yang berjuang menyebarkan ilmu setelah melaksanakan ilmu yang ia peroleh diantaranya yakni, mengerjakan fardhu-fardhu dan sunnah-sunnah muakkad.
(على العابد)
Orang yang ahli  ibadah yakni mereka yang menghabiskan semua waktunya mengerjakan ibadah-ibadah sunnah serta mereka mengetahui perkara-perkara yang menyebabkan sahnya ibadah.
(كفضل القمر)
Al-Qadhi berkata: orang yang alim diserupakan dengan bulan. Karena,  cahayanya orang yang berilmu menjalar kepada orang lain. Sedang orang yang ahli ibadah seperti bintang-bintang. Karena kesempurnaan ibadah dan cahayanya tidak menjalar kepada orang lain.
(دينارا ولا درهما)
Yakni harta dunia. Lebih khususnya pada dirham dan dinar karena keduanya inti dari berbagai macam harta dunia. Lafadz diatas menunjukkan akan hilangnya harta dunia. Dan mereka tidak akan mengambilnya kecuali dalam keadaan membutuhkan. Oleh karenanya, para nabi tidak mewariskan harta dunia, agar tidak terjadi kesalahfahaman bahwa mereka para nabi mencari harta dunia dan kemudian mewariskannya.



D.    Syarah Hadits
Hadits ini menunjukkan bahwa orang yang mencari ilmu dalam kebaikan yang agung, bagi mereka yang memperbaiki niatnya dalam mencari ilmu berada pada jalan keselamatan dan kebahagiaan yakni hanya berharap kepada Allah, bertujuan untuk mengamalkan ilmu, tidak untuk riya’ dan sum’ah atau tujuan-tujuan yang lain sekiranya buruk.
Kalimat “ jalan untuk menuntut ilmu “ mengandung dua nama, yaitu: Pertama, menempuh jalan untuk menuntut ilmu dalam artian yang sebenarnya, seperti berjalan kaki menuju majelis-majelis ilmu. Kedua, menempuh jalan atau cara yang dapat mengantarkan seseorang untuk memperoleh ilmu syar’i, seperti membaca, menghafal, menela’ah, dan sebagainya. Sedangkan kalimat “Allah memudahkan baginya jalan menuju surga” mengandung dua makna juga, yaitu: Pertama, Allah akan memudahkan orang yang menuntut ilmu semata-mata  karena mencari keridhaan Allah, mengambil manfaat serta mengamalkannya untuk memasuki surga-Nya. Kedua, Allah akan memudahkan baginya menuju surga ketika melewati titian Shirath Al-Mustaqim pada hari kiamat dan memudahkannya dari berbagai kengerian pada sebelum dan sesudahnya.  Jalan menuju surga yang diperuntukkan bagi para penuntut ilmu ini merupakan ganjaran dari Allah karena usaha yang pernah ditempuhnya selama di dunia mencari ilmu yang akan mengantarkannya kepada ridha Rabbnya.
Orang yang menuntut ilmu dimintakan ampun oleh makhluk-makhluk Allah yang lain. Ini merupakan ungkapan yang menunjukkan kesenangan Rasulullah saw. kepada para pencari ilmu. Ilmu itu sangat bermanfaat bagi alam semesta, dengan ilmu yang disertai iman, alam ini akan selalu terjaga dengan indah. Penjagaan dan pengelolaan alam ini dapat dilakukan dengan ilmu pengetahuan. Jadi, orang yang memiliki ilmu dan menggunakannya untuk kebaikan alam semesta merupakan orang mulia yang pantas didoakan oleh penduduk alam ini. Orang yang berilmu dikatakan sebagai pewaris nabi. Ini merupakan penghormatan yang sangat tinggi. Warisan nabi itu bukan harta dan fasilitas duniawi, melainkan ilmu. Bahkan rasulullah saw. menganjurkan agar umatnya mewarisi ilmu itu sebanyak-banyaknya.
Mengingat pentingnya ilmu pengetahuan, setelah dipelajari ia harus diajarkan kepada orang lain. Rasulullah saw. mengkhawatirkan bila beliau telah wafat dan orang-orang tidak peduli dengan ilmu pengetahuan, tidak ada lagi orang yang mengerti agama sehingga orang akan kebingungan.

E.     Nilai-Nilai Pendidikan
1.      Barang siapa yang menempuh jalan unutk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.
2.      Ilmu pengetahuan akan terus berkembang selama manusia mau menuntut ilmu.
3.      Jauhnya jarak mengindikasikan keseriusan seseorang dalam mencari ilmu.
4.      Niat seorang pembelajar sangat mempengaruhi pada keberhasilan dan kemanfaatan ilmu.
5.      Orang yang berilmu selamanya akan dikenang, karena dari mereka segala ilmu akan ditransformasikan.



Hadits Kedua

A.    Hadits tentang Hilangnya Ilmu Karena Hilang Ulama
عن عبد الله ابن عمرو بن العاصى رضي الله عنهما قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: إن الله لا يقبض العلم إنتزاعا ينتزعه من الناس ولكن يقبض العلم بقبض العلماء, حـتى إذا لم يبق عالما اتخذ الناس رؤوسا جهالا فسئلوا فأفتوا بغير علم فضلوا وأضلوا (متفق عليه)

            Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra. berkata: saya mendengar rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan mencabutnya dari hati manusia, akan tetapi mengambil ilmu dengan mewafatkan para ulama. Sehingga apabila tidak terdapat ulama, maka manusia akan menjadikan orang-orang bodoh menjadi pemimpin mereka , lalu orang-orang bodoh itu akan ditanya (dimintai fatwa), kemudian mereka berfatwa tanpa ilmu, maka orang-orang bodoh itu menjadi sesat dan menyesatkan orang lain.

B.     Data Takhrij

بـخاري: باب العلم : ٣٤
حدثنا اسماعيل بن أبى أويس قال حدثنا مالك عن هشام بن عروة عن أبيه عن عبد الله ابن عمرو بن العاصى رضي الله عنهما قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: إن الله لا يقبض العلم إنتزاعا ينتزعه من الناس ولكن يقبض العلم بقبض العلماء, حـتى إذا لم يبق عالما اتخذ الناس
رؤوسا جهالا فسئلوا فأفتوا بغير علم فضلوا وأضلوا

مسلم: باب العلم :١٣
حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا جرير عن هشام بن عروة عن أبيه سمعت عبد الله ابن عمرو بن العاصى يقول: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: إن الله لا يقبض العلم إنتزاعا ينتزعه من الناس ولكن يقبض العلم بقبض العلماء, حـتى إذا لم يترك عالما اتخذ الناس
رؤوسا جهالا فسئلوا فأفتوا بغير علم فضلوا وأضلوا

ترمذي: باب العلم : ٥
حدثنا هارون بن إسحاق الهمدني حدثنا عبدة بن سليمان عن هشام بن عروة عن لأبيه عن عبد الله ابن عمرو بن العاصى رضي الله عنهما قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: إن الله لا يقبض العلم إنتزاعا ينتزعه من الناس ولكن يقبض العلم بقبض العلماء, حـتى إذا لم يبق عالما اتخذ الناس رؤوسا جهالا فسئلوا فأفتوا بغير علم فضلوا وأضلوا
إبن ماجه: باب المقدمة: ٨
حدثنا أبو كريب حدثنا عبد الله بن إدريس وعبدة وأبو معاوية ومالك بن أنس وحفص بن ميسرة وشعيب بن إسحاق عن هشام بن عروة عن أبيه عن عبد الله ابن عمرو بن العاصى أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن الله لا يقبض العلم إنتزاعا ينتزعه من الناس ولكن يقبض العلم بقبض العلماء, حـتى إذا لم يبق عالما اتخذ الناس رؤوسا جهالا فسئلوا فأفتوا بغير علم فضلوا وأضلوا

أحمد بن حنبل: جزء الثانى:١٦٢
حدثنا وقيع أخبرنا هشام عن أبيه عن عبد الله ابن عمرو قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  إن الله لا يقبض العلم إنتزاعا ينتزعه من الناس ولكن يقبض العلم بقبض العلماء, حـتى إذا لم يبق عالما اتخذ الناس رؤوسا جهالا فسئلوا فأفتوا بغير علم فضلوا وأضلوا
أحمد بن حنبل: جزء الثانى: ١٩٠+
حدثنا عبد الرزاق أخبرنا معمر عن الزهري عن عروة عن عبد الله بن عمرو قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن الله لا يسرع العلم من الناس بعد أن يعطيهم إياه ولكن يذهب بالعلماء كلما ذهب بما معه من العلم حتى يبقى من لا يعلم، فيتخذ الناس رؤساء جهالا فيستـــفــتـــوا، فيفتـــوا بغير علم، فـيَضِلوا فيُضِلوا.

C.    Syarah Kosakata
Mencabut قبض:
Mengambil إنتزاعا:
Pemimpin رؤوسا:
Bodoh  جهالا:
Sesat  ضل:
Menyesatkan اضل:
D.    Syarah Hadits
Ibnu Hajar menjelaskan bahwa hadits ini berisi anjuran menjaga ilmu, peringatan bagi pemimpin yang bodoh, peringatan bahwa yang mengeluarkan fatwa adalah pemimpin yang benar-benar mengetahui, dan larangan bagi orang yang berani mengeluarkan fatwa tanpa berdasrkan ilmu pengetahuan. Hadits ini juga dijadikan alasan oleh jumhur ulama untuk mengatakan bahwa pada zaman sekarang ini tidak ada lagi mujtahid.
            Imam An-Nawawi ra. berkata bahwa hadits ini menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan mencabut ilmu dalam hadits-hadits terdahulu yang mutlak bukan menghapusnya dari hati para penghafalnya, akan tetapi maknanya adalah pembawanya meninggal, dan manusia menjadikan oarang-orang bodoh sebagai pemutus hukum yang memberikan hukuman dengan kebodohan mereka, sehingga mereka sesat dan menyesatkan.
            Rasulullah saw. bersabda:
من أشراط الساعة أن يرفع العلم ويثبت الـجهل
            “Diantara tanda-tanda kiamat adalah hilangnya ilmu dan tersebarnya kebodohan”.
Dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah ra., rasulullah saw. bersabda:
 يتقرب الزمان ويقبض العلم وتظهر الفتن ويلقى الشح ويكثر الهرج
            ”Zaman saling berdekatan, ilmu dihilangkan, berbagai fitnah bermunculan, kebakhilan dilemparkan (ke dalam hati), dan pembunuhan semakin banyak”.
            Dari hadits terdahulu dapat dipahami bahwa orang yang berfatwa dan mengajar harus berilmu pengetahuan. Termasuk dalam hal ini adalah pendidik. Bila pendidik tidak berilmu pengetahuan, maka murid-murid yang diajarnyaakan sesat, atau dalam bahasa kependidikan bila guru tidak profesional maka akan mengakibatkan proses pembelajaran sia-sia. Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen Republik Indonesia, salah satu syarat bagi guru adalah profesional. Sehubungan dengan ini, rasulullah saw. bersabda:
عن أبي هريرة يقول: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من أفتى بغير علم كان اثـمه على من أفتاه
            “Dari Abu Hurairah ra. rasulullah saw. bersabda: siapa yang berfatwa tanpa ilmu, maka dosanya akan dipikul oleh orang yang berfatwa itu”.
            Dalam hadits ini rasulullah saw. menyebut “siapa yang berfatwa”. Berfatwa adalah memberikan ilmu kepada orang lain. Mengajar dan mendidik juga memberikan ilmu kepada orang lain. Dengan demikian, keduanya sama. Berfatwa dan mendidik, mengajar tanpa ilmu akan menyesatkan orang lain, karena rasulullah saw. melarang keras berfatwa bila seseorang tidak memiliki ilmu.
E.     Nilai-Nilai Pendidikan
1.      Ulama adalah sumber informasi ilmu pengetahuan di muka bumi ini.
2.      Berfatwa tanpa ilmu akan merugikan diri sendiri dan menyesatkan manusia.
3.      Peringatan untuk tidak meminta fatwa dari orang-orang yang tidak mempunyai ilmu.
4.      Kelangkaan ulama merupakan salah satu tanda semakin dekatnya hari kiamat.


Hadits Ketiga

A.    Hadits tentang Adab Dalam Majelis Ilmu
عن أبي واقد الليثى أن رسول الله صلى الله عليه وسلم بينما هو جالس فى المسجد والناس معه إذا اقبل ثلاثة فأقبل اثنان إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وذهب واحد فوقف على رسول الله صلى الله عليه وسلم فأما أحدهما فرأى فرجة فى الحلقة فجلس فيها وأما الآخر فجلس خلفهم وأما الثالث فأدبر ذاهبا فلما فرغ رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ألا أخبركم عن النفر الثلاثة أما أحدهم فآواه الله وأما الآخر فاستحيا فاستحيا الله منه وأما الآخر فأعرض فأعرض الله عنه
            Dari Abu Waqid Al-Laytsy: sewaktu nabi sedang duduk dalam masjid bersama-sama orang banyak, datang tiga orang, yang dua orang masuk ke dalam majelis rasulullah saw. dan seorang lagi pergi. Setelah keduanya berdiri, yang seorang melihat tempat lapang ditengah orang banyak, maka duduklah ia disitu dan seorang lagi duduk saja di belakang orang banyak, yang ketiga terus pergi. Setelah rasulullah berbicara lalu beliau bersabda: baik kuceritakan kepadamu tentang ketiga orang itu. Yang satu mencari tempat kepada Allah, maka diberi tempat oleh Allah.  yang satu lagi merasa malu maka malu pula Allah kepadanya dan yang lain membelakangi saja maka Allah membelakangi pula kepadanya.
B.     Data Takhrij
بخاري: باب العلم :٨
حدثنا إسماعيل قال حدثنا مالك عن إسحاق بن عبد الله أبي طلحة أنَّ أبا مرّة مولى عقيل بن أبي طالب أخبره عن أبي واقد الليثى أن رسول الله صلى الله عليه وسلم بينما هو جالس فى المسجد والناس معه إذا اقبل ثلاثة نفر فأقبل اثنان إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وذهب واحد فوقفا على رسول الله صلى الله عليه وسلم فأما أحدهما فرأى فرجة فى الحلقة فجلس فيها وأما الآخر فجلس خلفهم وأما الثالث فأدبر ذاهبا. فلما فرغ رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ألا أخبركم عن النفر الثلاثة أما أحدهم فآوى إلى الله فآواه الله وأما الآخر فاستحيا فاستحيا الله منه وأما الآخر فأعرض فأعرض الله عنه

C.    Syarah Kosakata
            مـجلس  majelis ta’lim berasal dari dua kata yaitu: majlis dan ta’lim. Dalam bahasa arab kata  majelis مـجلس adalah bentuk isim makaan dari kata kerja جلس yang artinyatempat dudk, tempat sidang, dewan. Kata ta’lim dalam bahasa arab merupakan mashdar dari kata kerja ‘Alima yang mempunyai arti pengajaran. Dalam Kamus Bahasa Indonesia pengertian majelis adalah lembaga (organisasi) Sebagai wadah pengajian, dan kata majelis dalam kalangan ulama adalah lembaga masyarakat nonpemerintah yang berdiri atas para ulama islam.
            Adapun arti ta’lim adalah pengajaran. Jadi menurut arti dan pengertian di atas maka istilah majelis ta’lim adalah lembaga pendidkan nonformal islam yang memiliki kurikulum sendiri/aturan sendiri, yang diselenggarakan secara berkala dan teratur.
            Dalam majelis, rasulullah memerintahkan kepada kita untukberdzikir kepada Allah. Sebagai sabdanya:
            “Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu masjiduntuk berdzikir mengingat Allah, melainkan mereka akan dikelilingi oleh para malaikat, diliputi rahmat, dan Allah menyebutka mereka dikalangan makhluk yang ada disisinya. (HR. Ibnu Majah)
D.    Syarah Hadits
Hadis ini menunjukkan bahwa ketika dalam suatu majlis maka datang tiga orang dari ketiga orang tersebut. Orang yang pertama masuk ke dalam maljis dan mencari tempat yang lapang untuk ia duduk, orang yang ke dua masuk ke dalam majlis dan berdiri di belakang dan kemudian ia duduk di belakang orang-orang dan orang ke tiga langsung pergi. Adapun ungkapan rasulullah dari tingkah ketiga orang yang berbeda tersebut adalah:
1.      Mencari tempat kepada Allah, artinya masuk ke dalam majlis tempat menerima ajaran agama Allah. Diberi tempat oleh Allah artinya diberi pembalasan.
2.      Dia malu meninggalkan majlis pelajaran, dan Allah malu pula kepadanya. Hendaklah dalam mendatangi suatu ilmu majlis kita mencari tempat dimana saja yang masih kosong untuk kita duduki Jabir Ibnu Samurah berkata. Jika kita menemui rasulullah salah seorang dari kita duduk dimana saja ia sukai. Artinya kita boleh memilih tempat dimana saja yang kita sukai, asalkan tidak mengganggu dan tidak menyinggung tempat duduk orang lain.
E.     Nilai-Nilai Pendidikan
1.      Ilmu juga bisa kita dapatkan selain dalam formal melainkan nonformal seperti majlis ilmu.
2.      Majlis-majlis ilmu merupakan surga di dunia.
3.      Aktif dalam majlis ilmu nonformal akan menambah ilmu kita baik di dunia maupun di akhirat.

1 komentar: